Amankan Pilkada Kab Bandung Satlinmas Terjunkan 5.600 Personil

0
8

Beritaplatmerah.com-Bandung-Sebanyak satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) periode siap disiagakan untuk pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Bandung 9 Desember 2015 mendatang, bukan sebagai tim sukses pasangan calon bupati dan wakil bupati Bandung. Ribuan linmas itu harus memposisikan diri menjadi petugas keamanan, baik saat pengamanan langsung maupun wilayah pada pelaksanaan pilkada.

Hal itu terungkap dalam gelar pasukan satlinmas dalam membantu pengamanan pemilukada di Halaman Kantor Camat Ciparay Kab. Bandung, Selasa (24/11/2015).

Dalam gelar pasukan membantu pengamanan pilkada 2015 itu, dihadiri Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kab. Bandung Drs. Yogie Usman, J.B., M.Si., Camat Ciparay H. Ma’sum, S.Ip., M.Si., jajaran Muspika Ciparay, dan para kepala kanit Satpol PP. Dalam gelar pasukan satlinmas itu, secara bertahap dilaksanakan meliputi Kec. Ciparay, Majalaya, Solokanjeruk, Paseh, Ibun, Pacet dan Kec. Kertasari.

Pada gelar pasukan itu, dihadiri 210 satlinmas dari tujuh kecamatan dan masing-masing kecamatan mengirimkan 30 satlinmas dari ribuan satlinmas di Kab. Bandung. Anggota satlinmas dilengkapi atribut pengamanan.
Yogie Usman menegaskan, ribuan satlinmas siap siaga di tingkat kecamatan dan desa di Kabupaten Bandung itu, bukan sebagai tim sukses pada pilkada.

“Mereka harus memposisikan diri sebagai petugas keamanan langsung maupun wilayah pada pelaksanaan pilkada. Sekaligus peranan satlinmas membantu mensukseskan pilkada,” kata Yogie kepada galamedianews.com disela-sela gelar pasukan satlinmas, Selasa.
Yogie pun menekankan kepada satlinmas, untuk membantu ketentraman dan ketertiban umum masyarakat.
“Satlinmas juga disiagakan untuk membantu penanggulangan kebencanaan. Selain itu, membantu penegakan perda dan pengawalan kegiatan pembangunan,” kata Yogie.

Lebih lanjut Yogie mengatakan, ribuan satlinmas siap siaga di Kab. Bandung itu, masing-masing 20 orang/desa. Dari masing-masing linmas di tiap desa itu, di antaranya ada 30 satlinmas siap  kecamatan yang menjadi pilihan atau satlinmas terbaik untuk membantu pengamanan pilkada.

Menurutnya, linmas siap desa dan kecamatan ada perbedaan dalam tugasnya. Linmas siap desa hanya bertugas di desanya masing-masing. Sedangkan sarlinmas siap kecamatan, bekerja sekecamatan.
Dia mengatakan, satlinmas itu berperan penting dalam membantu perbaikan/pembangunan jalan, jembatan, posyandu,  khususnya dalam pengamanan. Termasuk turut serta dalam pengamanan di alun-alun, terminal dan di tempat lainnya.
“Termasuk dalam pengamanan pemilihan ketua RT, RW, kepala desa dan kegiatan pemerintahan lainnya. Itu merupakan tugas dan fungsi satlinmas,” tuturnya.

Yogie pun mendorong kepada satlinmas untuk berkoordinasi dengan masing-masing camat, kepala unit Satpol PP dan pihak lainnya.
“Satlinmas bisa bersama-sama dengan aparat pemerintahan, terutama dengan Satpol PP dalam membantu menertibkan spanduk, bangunan liar dan hal lainnya,” tuturnya.

Mewakili amanat Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, Yogie pun berpesan kepada ribuan satlinmas untuk mengamankan lingkungan wilayahnya masing-masing dari gangguan ketertiban umum.
“Bupati Bandung berpesan, Satlinmas pada pilkada untuk memfungsikan diri sebagai alat pengamanan baik di dalam maupun di luar tempat pemilihan suara. “Bupati berharap, pilkada mendatang sukses. Untuk itu, satlinmas harus bisa mencegah hal-hal yang tidak diharapkan,” pungkasnya.(Red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here