screen-shot-2016-09-14-at-3-02-15-pm

AKBP Muh Anwar Nasir SIK dan Khoirul Amin SEO, Ciptakan Aplikasi SKCK Online

 screen-shot-2016-09-14-at-2-59-26-pm

Sejarah Dibikinnya SKCK ONLINE Di Polres Sidoarjo, Polda Jatim.

Apakah SKCK itu?
Surat Keterangan Catatan Kepolisian (disingkat SKCK), sebelumnya dikenal sebagai Surat Keterangan Kelakuan Baik (disingkat SKKB) adalah surat keterangan yang diterbitkan oleh Polri yang berisikan catatan kejahatan seseorang.

SKCK sering diperlukan oleh setiap orang yang ingin melamar pekerjaan atau sebagai syarat dari berbagai keperluan.

Saat ini di wilayah kerja Polda Jawa Timur, khususnya di Polres Sidoarjo baru saja diresmikan oleh Kapolri pembuatan SKCK yang dapat dilakukan secara online.
Penemuan atau kalo tidak mau dikatakan sebagai terobosan inovasi yang luar biasa ini tidak terlepas dari dua sosok anak muda yang luar biasa, yaKhoirul Amin Polda Jatimatim seorang ahli TI bergelar SEO dan Akbp Muh Anwar Nasir Sik, yang saat ini menjabat sebaKapolres Sidoarjoarjo.

screen-shot-2016-09-14-at-2-59-32-pm

Diawali di tahun 2011 ketika kedua anak muda tersebut memprakarsai “Pelatihan Operator Systim Informasi Catatan Kepolisian” atau SICK di Polres Kediri. Saat itu Muh Anwar Nasir masih berpangkat Kompol dan menjabat sebagai Wakapolres Kediri.
Rupanya ketertarikan dan minat kedua sahabat ini untuk mewujudkanSKCK online tidak pernah padam. Mereka berdua tetap menekuni hal ini dan menyempurnakannya seiiring dengan berkembangnya teknologi hingga 5 tahun kemudian dan mewujudkannya menjadi kenyataan.
Salah satu kehebatan dari sistim aplikasi ini ialah setiap orang tidak perlu untuk mengurus SKCK dengan datang ke kantor polisi dan otomatis menutup kemungkinannya terjadi pungli atau hal2 semacam itu yang konon menyertai setiap pengurusan SKCK.

screen-shot-2016-09-14-at-2-59-38-pm

Akbp Muh Anwar Nasir Sik dan Khoirul Amin SEO adalah dua anak muda yang berpikiran maju dan terbuka. Berwawasan kedepan dengan inovasi2 yang tangguh, tidak pernah menyerah dengan keterbatasan, akhirnya memetik hasil dengan diresmikannya SKCK ONLINE oleh Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian, sebagai aplikasi resmi di Polres Sidoarjo pada tanggal 1 September 2016 kemaren.
Dari berbagai sumber di Mabes Pol, dengar2 aplikasi SKCK Online ini akan menjadi aplikasi wajib disetiap Polres diseluruh Indonesia.
Mari kita doakan.

 

Tribrata