Akan Terbitkan ‘KTP’ Anak, Mendagri: Bisa untuk Buka Tabungan di Bank

0
15

Semarang – Kemendagri akan segera memberlakukan Kartu Identitas Anak (KIA). Kartu yang berfungsi layaknya KTP bagi anak di bawah 17 tahun itu bisa digunakan untuk berbagai hal.

Mendagri, Tjahjo Kumolo mengatakan beberapa fungsi KIA antara lain yaitu anak-anak bisa membuka tabungan sendiri di bank, bisa memiliki kartu sehat, kartu pintar, dan lainnya atas nama sendiri.

“Bagaimana si anak ini bisa membuka akses tabungan di bank, kalau ke luar negeri tidak menempel paspor orangtuanya. Dia bisa punya kartu sehat, kartu pintar,” kata Tjahjo usai menjadi keynote speaker dalam acara seminar tentang ‘Parlemen Modern’ di gedung Gradhika Bhakti Praja, Jalan Pahlawan, Semarang, Kamis (11/2/2016).

KIA, lanjut Tjahjo, akan diberlakukan untuk anak usia 17 tahun. Dalam waktu dekat yang akan memiliki kartu tersebut adalah anak setingkat siswa SMP.

Baca Juga : Mendagri Tjahjo: Bikin Akte Kelahiran dan KTP Gratis !!!

“Mungkin akan kita beri ke anak usia SMP, sebelum usia 17 tahun,” tandasnya.

Saat ini proses pengadaan KIA tersebut masih dalam data pendataan. Tjahjo mentargetkan bulan depan atau Maret, proses lainnya sudah berjalan.

“Ini juga gratis, kami sudah punya peta, misal Kota Semarang berapa jumlah kecamatan, kelurahan, berapa di bawah 17 tahun per tanggal ini, yang sudah punya e-ktp berapa, yang belum berapa, yang kerja tetap berapa, sambilan berapa,” terang Tjahjo.

“Sekarang mulai pendataan di masing-masing daerah, bulan depan sudah mulai jalan,” imbuhnya.

Diketahui penertiban KIA didasarkan pada Permendagri nomor 2 tahun 2016 yang diundangkan pada 19 Januari 2016. Pada tahap pertama akan diberlakukan di wilayah Yogyakarta, Solo, Bantul, Malang, dan Balikpapan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here