Ahok-Djarot Menatap Pilgub DKI 2017

0
39

Jakarta – Meski Pilgub DKI 2017 masih sekitar satu tahun lagi, namun Gubernur DKI incumbent Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tampaknya sudah siap bertarung. KTP dukungan untuk maju di jalur independen sudah aman, cawagub pun sudah disiapkan.

Saat ini, komunitas pendukungnya yang tergabung dalam Teman Ahok sudah mengumpulkan lebih dari 728 ribu KTP dukungan. Jumlah itu sudah lebih dari syarat untuk maju Pilgub DKI di jalur independen. Seperti diketahui, syarat maju lewat jalur independen di DKI harus mengumpulkan 525 ribu KTP dukungan (asumsi 7,5% dari pemilih DKI yang jumlahnya 7 juta orang, sesuai data Pilgub DKI 2012).

Syarat sudah aman, Ahok juga sudah menyiapkan cawagub, yaitu Wagub DKI saat ini Djarot Saiful Hidayat. Ahok mengklaim Djarot yang merupakan Ketua DPP PDIP sudah direstui PDIP untuk jadi pendampingnya.

“Sudah, sudah direstui (Djarot direstui PDIP),” kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (24/2/2016).

Sebelumnya, Ahok sempat melempar wacana akan menggaet PNS sebagai cawagubnya di Pilgub DKI 2017. Nama PNS itu adalah Deputi Gubernur DKI Ozwar Muazim Mungkasa, Kepala BPKAD Heru Budi Hartono, mantan Deputi Gubernur Sarwo Handayani, hingga Sekda DKI Saefullah.
Namun Rabu (24/2) kemarin, Ahok menyatakan tetap Djarot-lah yang paling berpeluang mendampinginya di Pilgub. “Djarot (paling berpeluang),” kata Ahok.

Namun ternyata, kepastian soal Djarot tak selesai di restu PDIP. Ahok juga meminta restu Teman Ahok. Bila Teman Ahok bersedia menerima Djarot sebagai cawagub untuk Ahok, maka agaknya duet Ahok-Djarot bakal benar-benar maju di Pilgub DKI 2017.

“Sudah direstui (PDIP merestui Djarot). Cuma lagi ketemu sama Teman Ahok saja,” kata Ahok.
Teman Ahok selama ini tak pernah menunjuk atau menyorongkan cawagub tertentu kepada Ahok. Teman Ahok menyerahkan sepenuhnya keputusan soal wakil ke mantan Bupati Belitung Timur itu.

“Untuk wakil, memang dari awal Teman Ahok menyerahkan sepenuhnya ke Pak Ahok,” kata Jubir Teman Ahok Amalia Ayuningtyas kepada wartawan, Senin (22/2/2016).

Pilihan Ahok terhadap Djarot juga didukung Teman Ahok. Namun komunitas pendukung yang sudah 9 bulan bekerja mengumpulkan KTP untuk Ahok itu mewanti-wanti agar jagoannya tetap berada di jalur independen.

“Teman Ahok tetap maunya Pak Ahok maju independen. Tapi kalau PDIP mau dukung nggak apa-apa,” kata Juru Bicara Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas, kepada wartawan, Selasa (23/2/2016).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here