Acara Valentine Unik di Dunia

0
45

Paris – Hari Valentine akan tiba, tidak sedikit traveler yang ingin mengungkapkan cinta. Ada 5 tradisi Valentine unik yang dirayakan di berbagai negara.

Valentine tidak hanya dirayakan dengen memberi coklat atau menyatakan cinta pada pasangan. Berdasarkan infografik dari situs Gift Basket Overseas, Rabu (10/2/2016) terdapat setidaknya 5 perayaan Valentine berbeda yang tersebar di sejumlah negara di dunia:

1. Mengirim puisi, Denmark

Bukannya mengirimkan coklat atau bunga di hari Valentine, pria di Denmark dan Norwegia menyampaikan cinta melalui sebuah puisi yang tidak bernama. Tapi di puisi tersebut terselip titik yang menjadi penanda dari sang pengirim.

Sang wanita yang menerimanya pun harus menebak siapa nama sang pengirim pria. Jika mereka benar, sang pria akan memberikan telur Paskah. Jika salah menebak, sang wanita yang harus memberikan telur paskah pada sang pria.

2. Buktikan cinta ke teman, Estonia

Valentine tidak hanya dimaknai bersama pasangan, tapi juga bersama teman. Ketimbang memberi kado untuk gebetan atau pacar, masyarakat Estonia lebih suka merayakan Valentine dengan memaknai persahabatan yang terjalin di antara dua insan.

Jadi cinta tidak hanya dapat dibuktikan dengan barang atau makanan, namun juga rasa persahabatan yang tulus. Siapa tahu dari teman bisa jadi pacar!

3. Membakar foto gebetan, Prancis

Tidak semua tradisi Valentine berakhir manis dan baik-baik saja. Walau disebut sebagai negara romantis, nyatanya Prancis punya tradisi Valentine yang cukup unik dan nyeleneh. Bahkan bisa dibilang sedikit sedih.

Jadi begini, saat hari Valentine sang pria atau wanita Prancis akan memanggil gebetannya untuk bertemu dan jalan bareng. Namun di antara para pasangan yang berbahagia di hari Valentine, para wanita yang tidak punya pasangan akan berkumpul dan saling bertemu di penghujung hari Valentine.

Lantas apa yang mereka lakukan? Mereka akan bersama-sama membakar foto pria yang telah menolak mereka. Namun seiring dengan perkembangan, tradisi ini mulai dilarang oleh pemerintah Prancis karena menimbulkan kegaduhan. Bagaimana tidak..

4. Cari jodoh lewat patung di kuil, China

Lain ladang lain belalang, begitu juga dengan tradisi Valentine di China. Bukannya bertemu dengan gebetan atau memberikan coklat, para muda-mudi malah mampir ke kuil dan memanjatkan doa pada patung dewa dengan harapan menemukan cinta.

Bisa jadi mereka akan menemukan cintanya di kuil atau di tempat dan lokasi lain. Namanya juga usaha…

5. Ziarah ke Makam Santo Valentine, Italia

Sebagai salah satu negara yang mempopulerkan hari Valentine, Italia boleh dibilang punya cara paling unik untuk merayakannya. Caranya adalah dengan berziarah ke Basilika Santa Maria di Roma yang menyimpan tulang dari Santo Valentinus atau yang akrab disebut Valentine.

Ceritanya Valentinus merupakan salah satu martir yang dihukum mati pada zaman Romawi karena telah menikahkan para tentara yang dilarang untuk menikah. Oleh sebab itu ia disebut sebagai simbol cinta, di mana hari perayaannya selalu dilangsungkan pada 14 Februari.

Singkat kata, setiap tradisi Valentine di setiap tempat sangatlah unik. Semuanya dilakukan atas nama cinta yang begitu tulus. Tapi satu yang pasti, tidak usah menunggu hari Valentine untuk mengungkapkan cinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here