51 Orang Meninggal Dunia Karena Demam Kuning

0
27

Angloa , Demam kuning atau yellow fever yang melanda Angola masih memakan korban. Total sudah ada 51 orang yang dipastikan meninggal akibat penyakit ini.

Data dari Kementerian Kesehatan Angola mengatakan ada 240 orang yang terinfeksi penyakit ini sejak dua bulan lalu, dan 51 orang di antaranya meninggal duni. Pemerintah Angola saat ini mengaku sudah melakukan penanganan dengan memberikan vaksin kepada masyarakat.

“Lebih dari 450.000 orang sudah divaksinasi di Luanda. Target kami 1,6 juta penduduk akan bisa divaksinasi untuk menghindari infeksi,” tutur Adelaide de Carvalho, dikutip dari Reuters, Senin (15/2/2016).

Demam kuning mulai mewabah di Angola sejak akhir tahun 2015 lalu. Pakar mengatakan buruknya sanitasi dan pengaturan sampah menjadi alasan banyaknya nyamuk yang menjadi vektor penyebaran penyakit ini.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah kota Viana, di mana kasus pertama demam kuning ditemukan. Diketahui daerah ini merupakan daerah pinggir kota yang menjadi tempat pembuangan sampah sementara bagi masyarakat perkotaan.

Masalah sampah dan sanitasi ini juga diketahui meningkatkan kasus penyakit lain sperti malaria, kolera dan diare kronis. Adelaide mengatakan masalah pembuangan sampah sudah akan diselesaikan pemerintah untuk mencegah penularan.

Di sisi lain, pihak swasta yang mengelola sampah dan sanitasi mengaku tidak mendapat bayaran beberapa bulan terakhir. Hal ini membuat mereka tidak bisa bekerja. Apalagi kondisi perekonomian Angola juga sedang tidak baik.

Demam kuning merupakan penyakit bersumber nyamuk mirip dengan chikungunya dan demam berdarah. Karena masih tergolong keluarga Flavirus, gejala awal yang ditimbulkan biasanya tidak parah. Sakit kepala, mual, demam dan kehilangan nafsu makan merupakan gejala awal yang umum terjadi.

Sekitar 15 persen pasien demam kuning mengalami fase dua, di mana keparahan penyakit meningkat dan bisa menyebabkan kematian. Virus yang ada masuk menyerang hati sehingga menyebabkan kulit pasien berwarna kekuningan dan rasa sakit di bagian perut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here